">
VIRAL
Pesaing Toyota Alpard, Hyundai Staria Diluncurkan Ini Spesifikasi Lengkapnya
Hyundai sataria

Pesaing Toyota Alpard, Hyundai Staria Diluncurkan Ini Spesifikasi Lengkapnya

REOTAC.COM — Pesaing Toyota Alpard, Hyundai Staria resmi diluncurkan di Indonesia secara virtual, Jumat (20/8/2021).

Mobil MPV bongsor yang diboyong langsung oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ini ditawarkan dalam dua varian, Signature 7 (7-seater) dan Signature 9 (9-seater).

Lalu seperti apa harga dan spesifikasi yang ditawarkan Hyundai Staria?

Presiden Direktur HMID, SungJong Ha, Hyundai ingin memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi para pelanggan setianya di Indonesia.

“Hyundai selalu berusaha melampaui ekspektasi pelanggan, sebagaimana tercermin dalam Staria, yang memberi pengalaman ‘Larger than Life’.

Staria bukan hanya sebuah produk inovatif untuk mendukung kebutuhan mobilitas pelanggan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses kenyamanan maksimal untuk mendukung aktivitas yang produktif dan berharga,” kata SungJong Ha, dalam keterangan resminya.

Desain eksterior Staria menampilkan siluet futuristik, kesan bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa. Bagian fascia memberikan tampilan grille berani dan eksklusif.

Tersemat LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan. Makin canggih karena dibekali lampu depan LED projector yang ditempatkan di setiap sisi grille.

Geser ke bawah, ada roda atau alloy wheels 18-inci dengan nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome yang juga terletak pada grille depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu.

Hyundai Staria tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain meliputi Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, serta Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather.

Dimensi

Staria diklaim berukuran terbesar di kelasnya dengan lebar keseluruhan 1.997 mm dan jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm.

Mobil ini memiliki panjang keseluruhan 5.253 mm dengan jarak antar sumbu roda atau wheel-base sepanjang 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm.

Harga

Hyundai Indonesia menawarkan Staria dalam dua varian dan harga. Untuk Staria Signature 7 harganya Rp 1.020.000.000, sedangkan Staria Signature 9 harganya Rp 888.000.000. Harga tersebut berstatus OTR Jakarta dan untuk kepemilikan kendaraan pertama.

Interior

Hyundai mengklaim jika Staria memiliki karakteristik pesawat ruang angkasa. Itu ditampilkan melalui jendela lebar di sisi kendaraan dan posisi garis sabuk yang lebih rendah untuk meningkatkan visibilitas keseluruhan dan kesan lapang. Ketinggian kabin juga dioptimalkan untuk kenyamanan dan kemudahan yang premium.

Selain itu, pada bagian belakang menampilkan jendela lebar yang dikelilingi oleh lampu belakang vertikal memanjang.

Interior Staria mengusung konsep dan nuansa layaknya sebuah premium lounge. Di sisi kursi pengemudi memiliki tampilan mewah berkat adanya TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fascia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire.

Staria juga menawarkan ambient mood lights yang memberikan suasana interior yang menarik dan nyaman, serta bisa menerangi area kokpit, konsol, dan pintu, serta area penyimpanan bagasi. Mobil ini punya jendela panoramic di kursi baris kedua, serta tirai yang dapat dibuka dan ditutup secara manual di kursi baris kedua dan ketiga untuk privasi lebih.

Masih belum cukup, ada pula Dual Sunroof dengan fitur tilting and slide, sistem kontrol udara yang canggih untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan, dengan ventilasi yang disesuaikan, yaitu Signature 7 memiliki 4 ventilasi dan Signature 9 memiliki 6 ventilasi.

Di luar itu, Staria mendapatkan BOSE Premium Sound System yang dilengkapi Dynamic Speed Compensation, Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi, di mana 5 port USB pada Signature 7 dan 7 port USB pada Signature 9.

Kursi Penumpang

Pada tipe Signature 7 dilengkapi 7 kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua. Mode relaksasi sekali sentuh memungkinkan kursi untuk direbahkan ke posisi nyaman secara otomatis, membagi berat penumpang, dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Fitur penghangat dan fitur pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 dapat disesuaikan kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level.

Kapasitas bagasi dapat menampung hingga 117 liter ketika semua kursi dalam posisi standar, tetapi dapat diperluas hingga 431 liter atau dapat membawa hingga lima tas golf dalam mode Luggage Utilization, yang berlaku saat menggeser kursi baris ketiga.

Untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat di mana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga. Karena fungsinya ini, tipe Signature 9 juga dapat dioptimalkan untuk kendaraan perusahaan atau dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis di dalam mobil. Keluarga juga akan merasakan nyaman dengan kursi putar karena penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi di baris ketiga atau mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan kursi untuk anak.

Signature 9 juga memiliki kapasitas bagasi yang sama seperti Signature 7 ketika semua kursi dalam posisi standar, yaitu hingga 117 liter. Tapi di tipe ini dua kali lebih luas dari model 7-seater ketika dalam mode Luggage Utilization, dengan kapasitas hingga 882 liter atau dapat membawa hingga 10 tas golf. Mode ini berlaku saat menggeser kursi baris kedua dan ketiga, serta menggeser dan mengangkat bangku kursi baris keempat.

Untuk ruang kaki, di Signature 7 1.027 mm di baris pertama; 1.400 mm di baris kedua; dan 1.256 mm di baris ketiga. Sedang Signature 9 memiliki ruang kaki 1.027 mm di baris pertama; 1.025 mm di baris kedua; 886 mm di baris ketiga; dan 915 mm di baris keempat.

Fitur Keamanan dan Fitur Keselamatan

Hyundai Staria memiliki berbagai sistem dan sensor yang merupakan bagian dari teknologi keamanan yang dapat diandalkan untuk memberikan peringatan kepada pengguna dan membantu mengambil tindakan pencegahan dalam situasi tabrakan. Teknologi keselamatan dapat membantu membuat perjalanan lebih aman dan juga mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya, dan membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Antara lain ada Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis melakukan pengereman jika sistem menilai akan terjadi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan mobil.

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW) dapat mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang dan membantu menghindari tabrakan dengan memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem ini sekarang juga mencakup situasi ketika akan keluar dari posisi parkir paralel.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur khas mobil Hyundai yang tidak terdapat pada mobil lain, seperti Blind-Spot View Monitor (BVM yang menampilkan area blind spot di bagian belakang kendaraan, dan tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil saat mengemudi. BVM akan berfungsi jika lampu sein diaktifkan dalam situasi pengemudi ingin berpindah jalur saat berkendara.

Fitur khas lainnya adalah Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW), yang dapat membantu menghindari kecelakaan jika penumpang di baris kedua turun dari mobil dan dalam posisi ada kendaraan datang dari belakang.

Fitur keselamatan lain yang juga dimiliki Staria adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan juga Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), yang mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri. Sebuah tanda peringatan akan muncul menginformasikan pengguna bahwa mobil datang dari belakang, di mana sistem juga akan secara otomatis mengerem jika diperlukan.

Lane Keeping Assist (LKA) membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Jika kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberi semacam peringatan visual dan audio, dan jika diperlukan, akan melakukan intervensi ke roda kemudi untuk menjaga mobil tetap pada jalurnya. Sementara itu, Lane Following Assist (LFA) akan membantu mengendalikan kemudi mobil secara otomatis agar tetap berada di tengah jalur.

MPV ini juga memiliki Surround View Monitor (SVM), yang memberikan pandangan 360 derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan, terutama di area yang relatif sempit.

Mobil ini juga memiliki fitur canggih seperti Smart Key dan fitur Smart Power Tailgate. Tempat bagasi di pintu dapat otomatis membuka atau menutup saat pengguna ingin memasukkan barang bawaannya ke bagasi, serta fitur Smart Power Sliding Door, yang secara otomatis membuka pintu geser baris kedua saat penumpang mendekat.

Mesin

Hyundai hanya menawarkan satu pilihan mesin Staria untuk pasar Indonesia. Mobil ini akan ditenagai mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan Shift-by-Wire. Mesin itu mampu memperoleh performa maksimal hingga 177 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm di 1.500-2.500 rpm.

Ketersediaan

Hyundai Staria akan tersedia di seluruh dealer resmi Hyundai mulai hari ini, 20 Agustus 2021, dan melalui online platform Click-to-Buy yang dapat diakses melalui situs resmi Hyundai Motors Indonesia (www.hyundai.com/id/id).